Kalian pasti tau kura-kura kan?? Pastinya tau dong selain lucu dan bentuknya yang unik kura-kura juga dikenal sebagai hewan yang jalannya lambat, kura-kura juga merupakan hewan reptile amfibi sama seperti buaya yang artinya dapat hidup di dua alam yatu di daratan dan dilaut, tidak hanya cirri fisiknya saja yang menarik, kura-kura juga punya fakta-fakta unik yang patut kamu ketahui. Ada apa aja fakta uniknya yuk kita intip!



    1. Nah yang pertama, yaitu Kura-kura hidup di seluruh penjuru bumi ini dan hamper dapat ditemui di seluruh Negara yang ada di bumi tentunya terkecuali di benua antartika yang suhunya sangat dingin. Akan tetapi  terkhusus untuk Kura-kura Belawa hanya ada di Cirebon tepatnya di Lemahabang dan tidak ada di daerah lainnya. Kura-kura Belawa satu-satunya kura-kura endemic yang hanya ada di Cirebon.



2      2. Yang kedua, yaitu kura-kura termasuk kedalam hewan purba, kenapa? Karena kura-kura sudah ada sejak 200 juta tahun yang lalu, wah udah ada lama banget. Tapi kura-kura pada 200 juta tahun yang lalu berbeda dengan kura-kura yang ada pada zaman sekarang, bedanya yaitu kura-kura pada zaman dahulu punya gigi tajam dan panjang, bayangin kalo kura-kura zaman sekarang giginya masih panjang dan tajam jadi ngga lucu lagi deh. Di Wisata Kura-kura Belawa rekor kura-kura terbesar berumur kurang lebih 300 tahum namun, kura-kuranya sudah mati dan sekarang tinggal fosilnya saja, dan kura-kura tertua sekarang hanya baru berumur 60 tahun saja.




3      3. Ketiga, kalian pasti sudah tau kalau tempurung Kura-kura itu keras dan berbentuk bulat menyerupai kubah, lain halnya dengan tempurung Kura-kura Belawa yang memiliki tempurung yang tidak terlalu keras bisa dibilang lembek dan bentuknya cenderung datar sehingga memudahkan Kura-kura Belawa untuk bersembunyi di sela-sela bebatuan dan memasuki lupur.





4     4.  Keempat, yaitu Kura-kura umumnya memakan buah-buahan dan sayuran, tapi Kura-kura Belawa tidak memakan buah dan sayuran akan tetapi memakan daging.


5      5. Kelima, Kura-kura dapat hidup lebih lama daripada manusia, manusia kira-kira hanya sampai umur 60 tahun, sedangkan Kura-kura dapat hidup sampai 150 tahun. Wah kura-kura panjang umur juga ya. Bahkan di tempat Wisata Kura-kura Belawa atau Cikuya ada kura-kura yang dapat hidup sampai dengan 300 tahun lamannya, akan tetapi kura-kura itu hanya tinggal fosilnya saja dan di Cikuya kita bisa melihat fosil kura-kura Belawa tertua itu. Dan untuk kura-kura tertua yang masih hidup pada tahun ini hanya baru samapai 60 tahun.

6      6. Ke enam, Seperti yang kalian ketahui kalau kura-kura jalannya lambat, tapi kura-kura juga bisa bergerak lebih cepat! Masa iya sih? ya! Kura-kura bisa bergerak lebih cepat 4 kali lipat apabila dia kaget dan merasa dalam ancaman predator.

7      7. The last but not least, kura-kura yang hidup di laut dalam bahasa inggris di sebut juga dengan turtle sedangkan kura-kura yang hidup di darat disebut juga dengan tortoise sama halnya dengan kura-kura Belawa yang nama latinnya adalah Tortoise Ortilia Norneensih, karena kura-kura belawa bisa hidup di darat sehingga berawlan tortoise.

Nah itu dia tadi adalah beberapa fakta unik dari hewan yang mempunyai cangkang keras dan berjalan lambat namun setelah kita baca beberapa fakta di atas ternyata kura-kura dapat berjalan lebih cepat dari biasanya, dan kura-kura juga bisa hidup lebih lama dari manusia.











0 Komentar