Selama ini kita mengenal Cirebon sebagai kota udang atau kota petis saja. Padahal kota yang berada di kawasan jalur Pantura ini menyimpan banyak sekali potensi wisata yang memesona.
Kalau kamu masih ragu dengan kota kecil yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat ini, berikut beberapa alasan yang bisa dijadikan pertimbangan. Mari kita simak bersama-sama kenapa Cirebon harus dijadikan destinasi jalan-jalanmu selanjutnya.

Pusat penyebaran Walisongo, Jika di jawa timur ada Surabaya dan sekitarnya yang menjadi basis penyebaran agama islam, maka di jawa barat ada Cirebon yang merupakan pusat penyebaran walisongo yang pada abad ke 14 mulai menyebarkan agama islam hinga akhirnya mayoritas penduduk jawa barat ber agama islam.

Kebudayaan yang kental dan kaya, Kebudayaan di Cirebon sangatlah kuat. Daerah ini memiliki percampuran budaya sejak ratusan tahun lalu di mana Bangsa Jawa, Tiongkok, dan Arab hidup rukun menjadi satu. Kalau kamu kebetulan berada di kawasan Cirebon beberapa hasil kebudayaan seperti tari topeng Cirebon, tarling, sintren, hingga sandiwara Cirebonan bisa kamu saksikan.

Tempat wisata yang sangat beragam. Selain wisata sejarah dan religi, Cirebon juga memiliki alam yang indah untuk dijelajahi. Di sini kamu bisa menemui wanawisata atau wisata hutan di Ciwaringin. Di tempat ini kamu bisa melakukan kamping, menjelajah, trekking, hingga memancing. Selanjutnya kamu juga bisa mengunjugi tempat wisata kura-kura belawa yang memiliki hewan langka yang hampir punah.

Ya! Ini dia alasan kenapa kamu ngga boleh ketinggalan untuk berkunjungke tempat wisata kura-kura belawa ini!

Yang pertama adalah karena di objek wisata kura-kura belawa terdapat kura-kura khas yang hanya ada di Cirebon yaitu Kura-kura Belawa yang tidak dapet ditemui di daerah manapun bahkan Negara manapun kecuali di Cirebon, tepatnya di Desa Belawa, Lemahabang, Cirebon, Jawa Barat.

Yang kedua yaitu sangat cocok untuk kamu para traveler yang suka berpetualang, karena objek wisata kura-kura belawa ini terdapat jauh dari pusat kota Cirebon, dan kalian bisa ditempuh dengan jalan kaki sekaligus menikmati keindahan alam disekitar yang sangat alami dan sejuk, atau bisa juga ditempuh dengan manggunakan kendaraan.

Selanjutnya yaitu karena tempat wisata kura-kura belawa berbeda dari tempat wisata yang biasa kita temui di Cirebon, karena yang selama ini kita tau di Cirebon hanya ada tempat wisata keraton dan goa sunyaragi, tempat wisata kura-kura belawa ini berbeda karena selain tempat wisata alam juga termasuk tempat wisata yang sangat mengedukasi dan sarat akan sejarah budaya setempat.

Yang paling penting adalah harga tiket masuknya yang sangat bersahabat dengan isi dompet, harga tiket masuknya hanya tiga ribu rupiah saja, dengan tiga ribu rupiah ini kalian sudah bisa menikmati keindahan alam dan keunikan khas dari kura-kura belawa. Dan untuk yang membawa kendaraan bermotor cukup menambah uang parkir sebesar lima ribu rupiah untuk kendaraan beroda empat.


Nah itu dia tadi ulasan mengapa kita tidak boleh melewatkan untuk berkunjung ke kota udang ini, karena memiliki banyak sejaraha dan budaya yang sangat kental di Cirebon juga ada tempat wisata yang tak boleh ditinggalkan untuk di kunjungi yaitu temoat Wisata Kura-kura Belawa atau yang sering disebut juga dengan Cikuya.

0 Komentar