Cirebon memang tak pernah bosan untuk diulas, berbagai ulasan menarik mengenai kota yang memiliki julukan Kota Udang ini sudah cukup banyak, mulai destinasi wisatanya yang beragam, Cirebon juga merupakan tempat lahirnya warisan budaya khas Indonesia yaitu Batik, hingga kuliner-kuliner khas kota Cirebon yang tak patut untuk dilewatkan.

Nah selain wisata sejarah yang paling mendominasi di kota Cirebon, kota udang ini juga memiliki berbagai wisata alam dan wisata edukasi yang sangat menarik dan layak untuk dijadikan daftar kunjungan apabila kalian berlibur di kota Cirebon.

Salah satu wisata edukasi yang ada di kota Cirebon yaitu Wisata Kura-kura Belawa atau bisa disebut juga Cikuya, merupakan tempat wisata yang tergolong masih baru dan abru dikenal masyarakat banyak ini menyimpan banyak sejarah dan merupakan habitat asli dari Kura-kura yaitu Kura-kura Belawa, kura-kura yang hanya ada di Ciebon.

Kura-kura yang memiliki nama latin Tortoise Ortilia Norneensih  ini merupakan hewan yang termasuk kedalam daftar hewan yang hampir punah. Selain memiliki hewan yang populasinya hampir punah di objek wisata Kura-kura Belawa merupaka tempat yang sangat asri dan sejuk, karena masih sangat terjaga kealamiannya dan ditumbuhi pepohonan yang besar-besar dan rindang sehingga sangat cocok untuk tempat berlibur dan bersantai melepaskan penat bersama keluarga.

Lokasi tempat wisata Kura-kura Belawa berada di Desa Belawa, Lemahabang, Cirebon. Tempat wisata ini berjarak sekitar 12 km dari kota Cirebon kea rah Sindanglaut, objek wisata ini memiliki luas sebesar 2000 meter persegi.

Didalam tempat wisata Kura-kura Belawa terdapat spot-spot yang sangat menarik, disana terdapat benda bersejarah yaitu Smur Pamuruyan dan Batu Pasujudan yang memiliki sejarah panjang dan berkaitan juga dengan sejarah terbentuknya tempat wisata Kura-kura Belawa ini.

Selain kita bisa mengetahui dan menambha wawasan kita tentang jenis kura-kura Belawa dan sejarahnya di objek Wisata Kura-kura Belawa juga kita bisa melihat proses perkembang biakan Kura-kura Belawa dimulai dari sat menjadi telur sampai menjadi Kura-kura Belawa dewasa yang bobotnya bisa mencapai 80 kilogram.

Di tempat wisata kura-kura belawa juga terdapat taman yang sangat indah dan berwarna-warni yang di penuhi oleh mural-mural yang bertemakan kura-kura dan alam, taman   yang dinamai Taman  Cikuya ini memiliki beberapa wahana seperti ayunan, spot foto yang menarik dan instragamable dan masih banyak lagi spot-spot kece disana.

Di objek wisata kura-kura belawa juga terdapat objek yang lainnya juga yaitu Terapi Ikan yang sama seperti pada umumnya, untuk menikmati terpi ikan di objek wisata kura-kura belawa kita sudah tidak usah membayar lagi, cukup membayar tiket masuk seharga tiga ribu rupiah saja dan tiket kendaraan bagi yang membawa kendaraan bermotor roda dua dikenakan harga duaribu rupiah sedangkan untuk kendaraan roda empat dikenai harga sebesar lima ribu rupiah, harga yang sangat terjangkau untuk kita bisa menikmati kesejukan dan mendapat kan bnyak ilmu dari berkunjung ke tempat wisata Kura-kura Belawa.

Nah, itu dia tempat wisata Kura-kura Belawa yang ada di Cirebon yang patut untuk kalian kunjungi, selain mendapatkan kebahagiaan dan keceriaan dengan berlibur kalian juga bisa memdapat banyak pelajaran yang pastinya dapat bermanfaat untukmu.


0 Komentar