Ingin berwisata sambil menambah pengetahuan? Tapi yang ngga ngebosenin? Ngga usah pusing-pusing nyari tempat wisata yang menghibur sekaligus mengedukasi tempatnya ada di Desa Belawa, Kecamatan lemahabang Kabupaten Cirebon yaitu tempat wisata Kura-kura Belawa, yang berlokasi 12 km dari pusat kota Cirebon sehingga membuat tempat wisata ini mudah dikunjungi, terlebih lagi akses jalan ke tempat wisata Kura-kura Belawa sudah bagus dan mudah di jangkau oleh kendaran roda dua maupun roda empat. Nah ngga ada salahnya nih akhir pekan berkunjung ke tempat wisata Kura-kura Belawa.

Di tempat wisata Kura-kura Belawa, terdapat kura-kura endemik khas dari Desa Belawa dan sudah langka, warga setempat biasa menyebutnya dengan Kura-kura Belawa yang memiliki nama latin Tortose Ortilia Norneensis itu merupakan satu-satunya kura-kura yang ada di dunia, sehingga tidak bisa ditemukan di belahan dunia manapun, yang hanya bisa ditemui di Desa Belawa Kabupaten Cirebon.

Obyek wisata dengan luas 2000 meter persegi itu memiliki suasana yang asri dengan ditumbuhi banyak pepohonan rindang, tempatnya yang bersih, dan ditambah dengan adanya matai air yang mengalir sehingga menambah kesan asri dari dari obyek wisata tersebut. Di obyek wisata Cikuya terdapat beberapa kolam, kolam utama yang menjadi daya tarik sat pertama kali wisatawan berkunjung itu berisi sekitar 70 ekor kura-kura dewasa, yang kita bisa lihat di kolam utama itu. Di kolam utama tersebut kita dapat melihat kura-kura yang terbesar di objek wisata tersebut yaitu kura-kura yang berumur 60 tahun dan berbobot 40 kilogram.

 Kemudian ada kolam penangkaran yang berisi Tukik  atau kura-kura kecil yang baru menetas di kolam penangkaran terdapat sekitar 150 kura-kura kecil, disana kita bisa melihat dan memegang kura-kura kecilnya dengan pengawasan orang yang sudah ahli, kalau kita salah dalam memegang kura-kura kecilnya maka jangan kaget kalau nanti kita digigit.


Setelah melihat kura-kra yang baru menetas di tempat penangkatran di Objek wisata Cikuya juga kita bisa melihat telur kura-kura Belawa, disana kita bisa tau bagaimana kura-kura yang baik sehingga dapat menetas dengan sempurna dan menjadi kura-kura kecil yang sehat dan siap untuk dimasukkan ke kolam penangkaran.

Setelah dari tempat penetasan pengunjung juga bisa ke kolam Terapi Ikan yang lokasinya tidak jauh dengan tempat penetasan, di kolam terapi ikan kita bisa menerapi kaki kita dengan Cuma-Cuma atau gratis karena itu sudah termasuk dari rangkaian tour yang akan dijalani di objek wisata Cikuya ini. Selain dapat merileks kan tubuh terapi ikan juga dapat membuat alira darah dalama tubuh kita menjadi lancer, dapat menyembuhkan penyakit kuit, membuat otot kaki lebih nyaman, dan dapat membuat tidur lebih nyenyak. Selain manfaat di atas yang akan kita dapatkan untuk kesehatan para pengunjung juga bisa membuat keakraban antar keluarga menjadi lebih erat, karena di kolam Terapi Ikan pengunjung bisa bercengkrama denga anggota keluarga dan apabila ada warga setempat yang sedang ke kolam Terapi Ikan maka warga setempat tidak segan untuk memulai percakapan untuk membuat suasana menjadi lebih hangat.

Selain melihat kura-kura dewasa, kura-kura kecil dan telur kura-kura di objek wisata Cikuya, kita juga bisa belajar sejarah dari obyek wisata cikuya dan  juga  prasasti bersejarah yang terdapat di objek wisata tersebut, yaitu Batu Pasujudan dan Sumur Pamuruyan, disana kita bisa meminta juru bicara objek wisata Cikuya untuk menceritakan sejarah dan asal-usul dari kedua prasasti yang bersejarah itu.

Di objek Wisata Kura-kura Belawa juga terdapat wahana baru yaitu sebuah taman yang sangat berwarna-warni dan instagramable, yaiutu taman Cikuya taman itu baru ada di Objek wisata Cikuya sekitar satu beberapa minggu yang lalu, disana terdapat ayunan yang terbuat dari ban besar, ayunan itu ada dua buah sehingga kita bisa bermain ayunan berdua dengan teman atau buah hati kita. Di taman Cikuya juga ada kayu yang berbentuk hati atau love yang sangat instagramable untuk di upload di sosial media kita, dan juga terdapat lukisan atau mural yang berbentuk sayap yang sangat indah dan unik mural di taman Cikuya ini salah satu spot foto yang banyak diminati para wisatawan karena sangat instagramable, selain muaral berbentuk sayap di taman Cikuya juga terdapat banyak mural yang terdapat di sisi tembok di samping anak tanga, sehingga stiap kita melewati beberapa anak tangga maka muralnya akan selalu berganti.

Selain taman Cikuya di objek wisata Kura-kur Belawa juga akan terdapat kebun mangga yang nanti para wisatawan bisa memetik sendiri buah mangganya langsung dari pohon dan pengunjung juga bisa mencicipinya langsung atau bisa langsung di timbang dan dibungkus untuk dijadikan oleh-oleh saat pulang dari tempat wisata Kura-kura Belawa. Kebun Mangga ini masih dalam tahap pembangunan dan menunggu pohon mangga siap untuk berbuah dan di panen oleh para pengunjung objek wisata Kura-kura Belawa.

Nah itu dia keseruan yang akan didapatkan oleh para pengunjung di objek wisata Kura-kura Belawa atau Cikuya. Selain berwisata pengunjung juga bisa menambah pengetahuan tetang kura-kura yang hanya ada di Desa Belawa, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon.



0 Komentar