Belawa Cirebon adalah desa yang berada di Kecamatan Lemahabang, Cirebon, Jawa Barat. Dewa Belawa ini menjadi desa sentra buah mangga berkualitas tinggi. Nah, jika anda sedang berlibur di kota Cirebon, maka sepertinya anda bisa mencoba mengunjungi dan melihat keunikan kura-kura Belawa. Nama tempat wisata adalah Cikuya, yakni pusat observasi serta perlindungan hewan unik, kura-kura. Kura-kura Belawa ini memiliki nama lain cukup keren yaitu Tortose Ortilia Norneensih. Kura-kura ini tergolong jenis kura-kura langka dan terancam punah sehingga memerlukan perahtian lebih untuk menjaga kura-kura tersebut yang habitatnya adalah air tawar pegunungan. Kura-kura ini memiliki lebar 1 meter dengan berat hingga 80 kg dan panjang usia mencapai 150 tahun.
Kura-kura Belawa ini memiliki habitat yang tidak sembarangan. Kura-kura Belawa ini bisa anad jumpai di Desa Belawa, Kecamatan Lemah Abang, Kabpuaten Cirebon, yaitu 200 km dari kota Cirebon. Jika anda ingin ke sini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga dengan memakai jasa sewa mobil elf Cirebon. Jasa sewa elf ini bisa anda andalkan jika anda bepergian bersama dengan keluarga Anda. Elf adalah kendaraan yang tepat karena memiliki kapasitas penumpang yang lebih banyak ketimbang mobil pribadi. Untuk bisa mengunjungi kawasan wisata ini, anda bisa mencapainya melalui akses jalan Cirebon Kuningan lalu berbelok ke arah Desa Durajaya, kemudian menuju ke Desa Belawa. Anda juga bisa mengambil jalur lain, yaitu jalur timur lewat jalan Sindang, lewat kecamatan Sedong kemudian mengarah ke Kecamatan Lemah Abang.
Mengunjungi lokasi wisata Kura-kura Belawa yang sering menghabiskan waktu untuk berendam di lumpur ini memang menjadi salah satu kegiatan yang anti mainstream. Jika biasanya anda berlibur ke taman bermain atau tempat lainnya, maka di sini Anda akan mendapatkan pengalaman yang berbeda. Kura-kura Belawa ini adalah kura-kura langka yang tidak bisa anda temukan di tempat lain. Kura-kura Belawa ini terbilang langka karena memiliki perbedaan dalam hal warna kulit, ukuran berat badan dan bentuk batoknya. Kura-kura ini diberi pakan berupa ikan asin, ayam dan singkong.
Setelah melihat keunikan kura-kura Belawsa, anda juga bisa loh menikmati mangga yang lezat di Desa Belawa. Desa Belawa ini terkenal sebagai penghasil mangga yang lezat. Jadi, anda bisa melepaskan rasa lelah dengan menyantap potongan mangga segar di sisi kolam. Menarik sekali, kan? Selain obyek wisata Cikuya, anda juga bisa loh mengunjungi Sumur Pamuruyan. Sumur ini memiliki air yang jernih yang bisa digunakan untuk mencuci muka. Usut punya usut, airnya dipercaya dapat mempermudah anda mendapatkan jodoh. Selain Sumur Pamuruyan, Anda juga bisa loh mengunjungi Waduk Darma Loka Cirebon. Waduk ini juga bisa menjadi salah satu tujuan wisata yang menyuguhkan panorama yang tidak biasa.





Saat anda berada di kawasan wisata Kura-Kura Belawa, maka penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan. Jangan sesekali meninggalkan kotoran dan membuang sampah sembarangan di kawasan wisata kura-kura belawa. Kura-kura belawa adalah spesies yang sangat dilindungi sehingga sudah sepantasnya kita juga menjaga habitatnya. Jangan sampai karena anda membuang sampah atau kotoran, habitat dari kura-kura ini menjadi tercemar. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada kelangsungan hidup dari kura-kura belawa. Selain itu, jangan sesekali memberikan makanan sembarangan kepada kura-kura karena kura-kura ini sudah memiliki makanan khusus. Jadi, selama di lingkungan wisata, anda harus benar-benar menjaga perilaku anda untuk tidak mencemari lingkungan yang dapat merusak ekosistem dari kura-kura belawa.
Setelah mengetahui keunikan dari obyek wisata Kura-Kura Belawa, maka anda pun pasti sudah tidak perlu ragu lagi. Jika anda ingin mengajak anak anda berlibur, maka kawasan wisata ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, anda juga tidak perlu mengeluarkan budget yang besar karena kawasan wisata ini sangatlah terjangkau. jadi, tunggu apalagi? Yuk, habiskan waktu bersama anak anda di kawasan wisata Kura-kura Belawa Cirebon.

0 Komentar